• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi Ikut Serta dalam Workshop Focal Point Keamanan Informasi

Pada hari jumat, tanggal 18 Oktober 2018, bertempat di Ruang Meeting Venezia Lantai 12 Hotel Four Points, Jakarta Pusat dilaksanakan kegiatan workshop focal point keamanan informasi. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kepedulian, kewaspadaan dan pengetahuan terkait keamanan informasi BPPT CSIRT (Computer Security Insident Response Team).

            Acara dibuka oleh Bapak Dany Pambudi, S.Komp., diawali dengan sambutan yang mengingatkan kembali tugas dari CSIRT masing-masing unit yakni melakukan pemantauan dari setiap unit kerja kususnya bidang keamanan sistem informasi yang akan dibahas sebagai tema workshop.

Setelah itu acara workshop dimulai dengan paparan teknis oleh Ketua ID-SIRTII Lembaga Keamanan Internet dari Kementrian Kominfo, yaitu Bapak Rudi Lumanto. Bapak Rudi Lumanto memberikan paparan mengenai Penanganan Insiden Keamanan Siber : Kasus Wanacry. Beliau memberikan alasan mengapa penanganan insiden siber begitu penting karena mencakup alasan berikut : 1) Insiden terjadi setiap hari, 2) Tidak ada perlindungan keamanan 100 % , 3) Merupakan suatu bagian dari keamanan dunia siber(huge threat factor). Kemudian pada akhir paparan, beliau memberikan contoh kasus bentuk upaya penanganan wanacry yang dilakukan oleh beberapa instansi pemerintah.

            Kemudian acara dilanjutkan oleh Bapak Elfrin Erawan, S. Kom yang mengambil topik paparan infrastruktur informasi yang dikelola oleh PMI BPPT. Tujuan dari paparan ini untuk mensosialisasikan kembali layanan-layanan apa saja yan dimiliki oleh PMI BPPT. Hal ini dilakukan karena penggunaan layanan masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh pegawai di BPPT. (Ardhy/Editor)

Keyword:

CSIRT Forum, PSAT BPPT, PMI BPPT


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT