• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT Ikut Serta dalam Webinar Refleksi Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi dan Upaya Pemulihan Ekonomi 2021

 

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT mengikuti agenda webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pelaksanaan webinar tersebut mengangkat judul “Media Briefing Outlook Perekonomian 2021: Upaya Mempercepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi”. Pelaksanaan webinar dilakukan secara online melalui platform Zoom pada hari Kamis, 17 Desember 2020 dan bisa juga diikuti di kanal Youtube LIPI. Webinar ini membahas kaleidoskop perjalanan ekonomi Indonesia selama pandemi serta skenario upaya percepatan pemulihan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat mengalami penurunan sebesar -2,03% akibat pandemi COVID-19 di tahun 2020. Menurut Agus Eko Nugroho, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa tercatat Indonesia pernah mengalami tiga kali pertumbuhan negatif yakni pada periode 1962-1963, 1997-1998, dan 2020. Namun pada 2 pertumbuhan negatif sebelumnya Indonesia menunjukan kemampuan recovery dari krisis yang cukup baik, khususnya pasca AFC (1997-2000) hanya membutuhkan 4 tahun untuk kembali ke besaran PDB sebelum krisis terjadi. Selain itu Agus menjelaskan bahwa vaksin mungkin terlihat sebagai solusi mengatasi pandemi, tetapi hal tersebut bukan salah satu cara dalam menuju pemulihan ekonomi, karena perekonomian Indonesia masih menghadapi masalah klasik yang masih belum terselesaikan.

 Pada paparan selanjutnya oleh Dr. Zamroni Salim, Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI menjelaskan tentang “Isu & Tantangan Perdagangan Internasional”. beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah biaya logistik yang mahal, imbalance cargo dan hilirisasi yang terbatas. Selanjutnya paparan terkait “Isu & Tantangan Lingkungan Usaha” yang menghasilkan rekomendasi salah satunya rincian terkait kebijakan transformasi digital UMKM oleh M. Soekarni, M.Si.. Kemudian paparan “Isu & Tantangan Ketahanan Pangan” oleh Dr. Purwanto yang menjelaskan hasil survey ketahanan rumah tangga di masa pandemi COVID-19.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT