Print

Staf PSAT BPPT Mengikuti Webinar Kelayakan Produksi Garam dari Reject Brine PLTU

 

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi mengikuti webinar kelayakan produksi garam dari reject brine PLTU. Kegiatan webinar berlangsung pada hari Sabtu 19 Desember 2020. Pada agenda tersebut Bapak Ir.Hari Yurismono M.Eng.Sc bertindak menyampaikan hasil inovasi perekayasaan BPPT. Webinar dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini berlangsung atas dasar tuntutan zaman agar terus melakukan inovasi. Menurut beliau, inovasi merupakan hasil peningkatan nilai tambah invensi menjadi produk yang lebih bermanfaat secara ekonomi maupun sosial. Inovasi tidak hanya bersumber dari riset, namun juga bersumber dari kreativitas.

Pada PLTU, air merupakan hal yang sangat penting juga dibutuhkan dalam sistem. Air tersebut biasanya digunakan untuk memproduksi uap yang dapat menggerakan turbin dan juga digunakan sebagai keperluan sanitasi diseluruh area pembangkit. Maka dari itu, PLTU biasanya berada di dekat laut. Air laut di pompa oleh dua jenis pompa yang fungsinya berbeda yaitu CWP (Circulating Water Pump) berfungsi untuk memompa air laut yang digunakan sebagai air pendingin kondensor, sedangkan SWP (Sea Water Pump) berfungsi untuk memompa air laut sebagai air umpan untuk water treatment plant. 

Menurut Bapak Ir. Hari Yurisnomo, M.Eng.Sc, alasan menggunkan reject brine dari PLTU karena kebutuhan air tawar untuk operasional pembangkit listrik tenaga uap itu cukup besar. Limbah yang dikembalikan lagi ke laut merupakan hasil ekstraksi dari air laut dan memiliki salinitas tinggi juga cukup besar. Tujuan utamanya dari kajian ini yakni memanfaatkan garam dari reject brain, sehingga konsentrasi buangan menjadi normal kembali. Keuntungan dari reject brain, sudah mengalami pre treathment proses yang menggunakan peralatan di PLTU. Bapak Ir. Hari Yurismono, M.Eng.Sc melakukan pemetaan potensi reject brine PLTU di Pulau Jawa (Studi kasus PLTU Suralaya). Sehingga melalui kajian ini, dapat dipetakan potensi-potensi dan kelayakan pemanfaatan reject brine dari PLTU ke PT Garam Industri.

,