Print

Staf PSAT BPPT Mengikuti Webinar Akselerasi Pemanfaatan Telemedicine BPPT

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT mengikuti agenda webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Elektronika BPPT. Pelaksanaan webinar tersebut mengangkat judul "Akselerasi Pemanfaatan Telemedicine untuk Layanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid19". Pelaksanaan webinar dilakukan secara online melalui platform Zoom pada hari Senin 21 Desember 2020. Webinar ini diselenggarakan dengan mengundang berbagai pihak seperti industri terkait serta bidang kesehatan agar mendapatkan banyak masukan dalam rangka pengembangan perangkat yang lebih baik. BPPT sebagai lembaga yang bergerak pada bidang teknologi tentunya membutuhkan banyak masukan dan ide agar pengembangan perangkat Telemedicine dapat dirasakan manfaatnya secara lebih luas.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliku banyak pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Kondisi yang demikian terdistribusi, untuk memberikan alayanan kesehatan yang sama akan sulit. Dokter Spesilis hanya tersedia di Ibukota Kabupaten. BPPT mencoba dengan memberikan alternatif solusi, sehingga meskipun terpisah secara geografis layanan konsultasi kesehatan dapat menjangkau daerah. Sudah diujicoba di Puskesmas dan Pemkot Tangerang Selatan. Permasalahn bukan hanya infrastruktur, namun juga permasalahan regulasi , budaya dan permaslahan lain yang bersifat nonteknis.

BPPT sudah menguji, acceptancy para Dokter sangat baik, meskipun implementasi di lapangan terasa lambat. WHO Sudah merekomendasian telemedicine. Keterbatasan dengan Dokter spesialis bisa menjadi jembatan untuk berkomunikasi. Pada perangkat telemedicine terdapat beberapa panel seperti panel untuk perawat, operational devices, panel untuk spesialis serta server. Semua panel tidak harus dioperasikan dalam satu waktu, namun menyesuaikan pada kebutuhan.

BPPT sebelumnya telah mengembangkan Prototipe Telemedicine WorkStation versi 1.1. Pada prototipe tersebut sudah dilengkapi layanan telekonsultasi, telekardiologi, teleultrasonografi, teleauskultasi, teleradilogi dan telemonitoring. Format data juga sudah didukung media penyimpanan waveform, suara dan image.

,