• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Staf PSAT BPPT Mengikuti Rapat Koordinasi Pusat Data Kawasan Puspiptek

Pada tahun 2019, Pusat Data Kawasan Puspiptek kembali melakukan update data setiap Balai dan Pusat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT. Update data tersebut disampikan oleh Bapak Hendrajaya selaku Kepala Bidang Bisnis Teknologi Kawasan Puspiptek pada rapat koordinasi di Gedung TBIC RistekDikti pada hari Jumat 22 Februari 2019. Pada rapat koordinasi tersebut, Pusat Sistem Audit Teknologi diwakili oleh Sri Wijayanti dan Diagnosa Fenomena.

Pada agenda tersebut juga disampaikan terkait perkembangan PDKP Puspiptek dari tahun ke tahun dimana  pada tahun 2016 hingga 2018 sudah dikembangkan sistem yang terintegrasi dengan basis data setiap unit di kawasan Puspiptek. Kemudian rencana pada tahun 2019 yakni akan dilaksanakan pengintegrasian data di kawasan puspiptek, pembuatan buku dalam angka serta membuat tim sinkronisasi yang bertanggung-jawab dalam manajemen data tersebut.

Pada akhir sesi, dibuka sesi tanya jawab dari peserta yang garis besarnya adalah seperti berikut ini:

Q: Bagaimana prosedur pengintegrasian data?

A: Pertama tetap akan komunikasi dan meminta ijin kepada Bu Yenni di Pusyantek. Integrase yang diharapkan itu data-to-data jadi jika system yang digunakan PDKP dengan masing-masing balai/ pusat sama bisa langsung diambil datanya. Atau jika ternyata system yang digunakan berbeda secara sederhana menggunakan excel template untuk memasukkan konten berdasarkan yang dibutuhkan oleh dikti. Jadi masing-masing balai tinggal mengisi field yang ada atau sebenarnya di PDKP sendiri sudah ada akun untuk masing-masing pusat/ balai, tinggal mengisi sendiri

Q: Untuk anggota yang mengikuti rapat itu biasanya ditunjuk oleh direktur dan apabila yang bersangkutan tidak bisa, maka akan dialihkan kepada junior. Jadi saran saya lebih baik data apa saja yang dibutuhkan dikirimkan ke email masing-masing secretariat pusat/ balai jadi komunikasi tetap berjalan walaupun anggota yang ikut berganti.

A: Kalau memang begitu jika anggota yang datang berganti diharapkan yang menggantikan itu tahu sudah sampai mana komunikasi/ informasi di rapat terakhir sehingga komunikasi bisa terus berlanjut.

Selanjutnya tindak lanjut dari pusdatin adalah seperti berikut ini:

  1. Puspiptek akan memberikan template format untuk konten yang dibutuhkan di PDKP. Jika ada yang kurang atau ingin ditanyakan bisa menghubungi tim Pak Edi
  2. Pertemuan selanjutnya akan diadakan untuk melakukan validasi data yang sudah terkumpul
  3. Tambahan data yang di butuhkan yaitu data peralatan dan laboratorium yang sudah terakreditasi
  4. Balai/ pusat diharapkan untuk menginformasikan jika terdapat kesalahan atau perubahan nama
  5. Siapapun yang ditugaskan untuk pertemuan selanjutnya harus mengetahui apa yang terakhir kali dibicarakan sehingga informasi/ komunikasi tidak terputus

Notulis : Sri Wijayanti


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT