• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Staf PSAT BPPT Mengikuti Kongres Teknologi Nasional Tahun 2019

Staf Pusat Sistem Audit Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut serta dalam Kongres Teknologi Nasional (KTN) yang berlangsung pada 20 Maret 2019, di Auditorium Gedung II BPPT Lantai 3, Jl. M. H. Thamrin No 8, Jakarta. Penyelenggaraan KTN kali ini mengambil tema "Penguatan SDM Iptek Sebagai Penghela Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju Dan Mandiri". Pada kegiatan tersebut terdapat beberapa narasumber yang memberikan paparan berkaitan dengan tema KTN tahun ini.

Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc (Kepala BPPT)

Capaian teknologi dan inovasi perlu didukung oleh SDM iptek sebagai penghela pertumbuhan ekokomi menuju indonesia maju dan mandiri. Pada KTN tahun ini akan mengembil beberapa tema seperti teknoogi kebencanaan, inkubasi Teknologi, Teknologi informasi dan komunikasi kususnya SPBE dan transportasi perkeretaapian.
Sub tema tersebut nantinya akan menjadi bahan acuan dalam RPJMN 4.

BPPT memiliki produk buoy, Teknologi Modifikasi Cuaca (TM)C, kajian kereta semicepat jakarta surabaya. Stasiun pengisi Mobil listrik. Technopreneury, dan pendampingan technopark palalawan. Melalui perhitungan total factor productivity TFP, BPPT mencapai angka 2,5 persen. Dimana saat ini TFP secara nasional mencapai 0.9 persen dengan target pada tahun 2024, TFP nasional naik menjadi 4,21%.

Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si (Dirjen Penguatan Inovasi KemenRistekDikti)

Rencana Induk Riset Nasional 2045 disusun untuk menyelaraskan kebutuhan riset jangka panjang dengan arah pembangunan nasional terkait ilmu pengetahuan teknologi. RIRN menjadi penting karena pembangunan nasional membutuhkan perencanaan sektoral untuk mengintegrasikan langkah-langkah yang terpadu dan terintegrasi. Khususnya antar Kementerian dan Lembaga untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaannya. Sebagai dasar penguatan Rencana Induk Riset Nasional tahun 2045, maka diperlukan pembentukan SD di universitas yang bukan dinilai dari jumlah lulusannya melainkan melalui dampak/kontribusi bagi pembangunan nasional. Rencana Induk Riset Nasional 2045

Dr. Ir. Arief Yahya M.Sc (Menteri Pariwisata)

Mengangkat tema Digital & Milennials Tourisms, beliau menyampaikan bahwa rahasia peningkatan kemenpar ibarat sebuah bandul. Ketika ujung tali bergerak, goncangan pada dasar akan terasa sangat kuat. Begitu halnya seperti sebuah perusahaan, ketika CEO menerbitkan suatu intruksi akan berdampak besar bagi pegawai dibawahnya. Kunci pariwisata Indonesia sukses seperti sekarang ini ada pada implementasi konsep deregulasi. Deregulasi (ease of entrance) seperti dalam business (ease of doing business). Teknologi digital dijadikan untuk mendongkrak bisnis layanan pariwisata. Jika anda CEO, dan pertumbuhan lebih rendah dari pasar maka anda harus siap mundur. Kalau pertumbuhan lebih rendah, perusahaan yg kamu bawa itu shrinkage (menyusut). Jadi, kenali duniamu, pajang pesaing kita karena kamu harus punya musuh biar jadi maju.

Ir. Sugiharjo, M.Si (Kepala Balitbang Kemenhub)

Kementerian Perhubungan telah bekerja-sama dengan BPPT dalam penguasaan teknologi perkeretaapian dalam rangka peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa.
Kerjasama yang dilakukan terkait  feasibility study kereta cepat (Kajian BPPT sudah jadi, tinggal didiskusikan nilai kebermanfaatan), Inovasi Teknologi infrastruktur pelabuhan laut. dan material teknologi untuk aspalt. Sebuah negara dapat dikatakan maju karena intangible asset yang kuncinya ada di SDM. Kereta api merupakan Moda paling efisien untuk saat ini. Kereta merupakan jenis transportasi yang cocok untuk sektor darat Di Indonesia. Pemerintah memiliki komitmen untuk mengkolaborasikan penggunaan teknologi dalam bidang transportasi kereta api.

Dr. Wisnu Wijaya (Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana - BNPB)
Berbagai upaya penanggulangan dan mitigasi bencana sudah dilakukan dengan berkoordinasi dengan BPPT.

 

 

 


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT