Print

Staf PSAT BPPT Memberikan Pengantar Aplikasi Ebenih Pada Launching Technopark Bantaeng PTPP

Pada tanggal 8 - 14 Desember 2019, Tim Support Technopark Bantaeng menyelenggarakan serangkaian acara launching yang bersamaan dengan HUT Kabupaten Bantaeng ke 765. Serangkaian acara tersebut terdiri dari Temu Bisnis, diseminasi teknologi dan acara puncak berupa launching Technopark Bantaeng. Tema yang diangkat mengapa perlu dibentuk suatu sistem didalam Technopark Bantaeng yakni agar Kabupaten Bantaeng khususnya dapat menghadapi era disruptif teknologi. Era disruptif merupakan era yang dibutuhkan untuk persaingan. Tujuannya untuk membantuk pasar baru dan menggantikan pasar lama sebelumnya. Keempat narasumber merupakan ahli yang memiliki pengalaman dalam era disruptif. Pada Era disruptif terdapat pemahaman inovasi pengusaha muda berbasis teknologi. Sehingga dengan adanya technopark bantaeng diharapkan dapat menjadi motor penggerak munculnya wirausaha muda baru dalam bidang teknologi.

Technopark merupakan wujud kerjasama Badan Pengkajian dan Penerpan Teknologi (BPPT)dengan berbagai dinas terkait. Technopark  diharapkan dapat meningkatkan jumlah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) untuk meningkatkan potensi daerah. Tokoh Habibie dijadikan sebagai icon karena menjadi milik dunia. Berbagai macam inovasinya dimanfaatkan oleh berbagai negara seperti Jerman, Inggris dll. Dibangunnya Technopark Bantaeng ini merupakan wujud komitmen untuk memberikan kebermafaatan yang terbaik bagi masyarakat Bantaeng. Komitmen yang terintegrasi dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah kabupaten sebagai konsen bersamauntuk meningkatkan kesejahteraan. BPPT menjadi mitra yang mensupport komitmen untuk melahirkan inovasi, berimbang dan lebih cepat dengan para pemuda yang bergerak lebih dinamis. BPPT diharapkan mampu memberikan advice dan pendampingan bagi Technopark untuk dapat menyelaraskan dan menciptakan inovasi yang lebih cepat sehingga dapat menjadi bagian dalam percepatan. Kegiatan ini menjadi sebuah momentum karena merupakan bagian dari Ulang Tahun 765 tahun. Bupati Bantaeng mewakili masyarakat mengucapkan secara khusus kepada BPPT. Bupati berharap kegiatan tidak hanya berhenti pada proses ceremony saja.

Pusat Sistem Audit Teknologi yang merupakan bagian dari Tim Support Technopark Bantaeng menugaskan Ardhy Yuliawan sebagai panitia yang bertanggung-jawab dalam memberikan presentasi terkait pemasaran petani binaan technopark bantaeng melalui program aplikasi e-commerce yang diberi nama ebenih. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mentrigger para pelaku yang tergabung dalam perusahaan pemula berbasis teknologi agar dapat diberikan jaminan akses pasar.

Meskipun menggunakan nama ebenih, namun aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk produk olahan perbenihan. Dibandingkan dengan aplikasi ecommerce sejenis yang sudah ada, keunggulan aplikasi ebenih yakni dapat memberikan kustomisasi dalam bidang logistik/pengiriman produk perusahaan pemula berbasis teknologi pada pasar di seluruh pelosok Indonesia.