Print

Staf PSAT BPPT Ikut Serta dalam Sosialisasi Aplikasi Pantau Covid PC20

 

Staf PSAT BPPT ikut serta dalam sosialisasi PantauCovid-19 & SIJEMPOL dalam rangka pengendalian Covid-19 di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi. Agenda sosialisasi tersebut dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom. Penyampaian materi dilakukan secara langsung oleh Bapak Dr. Dipl.Ing. Michael Andreas Purwoadi, DEA selaku Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Aplikasi PC-19 adalah aplikasi mobile berbasis Android yang berguna untuk melakukan self assessment kesehatan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membatasi penyebaran virus Covid-19 dengan physical distancing, dan membantu pemerintah untuk memetakan kluster - kluster penyebaran virus Covid-19. Aplikasi ini menggunakan Bluetooth Low Energi untuk memantau pengguna lain di sekitarnya, dan mengakses basis data pasien ODP/PDP serta hasil self assessment untuk status kesehatan pengguna. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui status kesehatannya dan dapat menghindar dari area yang berpotensi tertular virus Covid-19. Dengan aplikasi ini pemerintah dapat menentukan kluster pasien Covid-19 dengan mengetahui daftar orang - orang yang berdekatan selama 14 hari terakhir.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pendaftaran ke Mobile Laboratorium BSL-2 yang melayani masyarakat dalam melakukan pengujian swab test. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat langsung mendaftar layanan ke swab station pada mobile lab hingga mendapat hasil swab yang akan dikirimkan langsung melalui ponsel pintar penggunanya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 guna melakukan update data pasien. Aplikasi Pantau Covid-19 melengkapi fasilitas Mobile Lab Bio Safety Level-2 yang telah terpasang di rumah sakit Ridwan Meuraksa Jakarta Timur untuk memperkuat ekosistem inovasi penanganan Coronavarius.