• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Peran Audit Teknologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh

Staf Pusat Audit Teknologi BPPT mengikuti agenda webinar yang diselenggarakan oleh Ikatan Auditor Teknologi Indonesia melalui aplikasi Zoom. Kegiatan webinar mengangkat tema "Peran Audit Teknologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh". Kegiatan webinar berlangsung pada hari Rabu, 23 September 2020.  Kegiatan ini berlangsung karena menjawab kekhawatiran masyarakat terkait pembelajaran jarak jauh saat pandemi terjadi. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan utama. PJJ merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara on line dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di mana para peserta didik dan pendidik tidak berada dalam satu tempat (ruang kelas, sekolah) melainkan belajar dari berbagai tempat berbeda.

PJJ menjadi alternatif interaksi dan komunikasi pendidikan yang paling mungkin dilakukan di era pandemi ini. Sayangnya, tidak semua peserta didik dapat mengikuti dan menikmati PJJ karena keterbatasan perangkat keras seperti HP, Laptop, komputer dan piranti lunaknya, koneksi internet, ketersediaan kuota data, kuat lemahnya sinyal internet, dan sebagainya.

Selama era pandemi Covid-19, sejumlah penggiat IATI memproyeksikan terdapatnya potensi dahsyat dari aktifitas “Learning Process” model PJJ untuk bersinergi dengan model pembelajaran lainnya, kata Kepala BPPT Hammam Riza yang juga Ketua Umum Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) di acara webinar dengan tema Audit Teknologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (23/09). Sehingga lanjut Hammam mengatakan, dimungkinkannya terbentuk model Blended Learning Process yang powerful dalam mengakselerasi kuantitas dan kualitas dari beragam proses pembelajaran pada semua tingkatan pendidikan.

Ketahanan dan kemajuan bangsa sangat ditentukan dari sektor pendidikan yang sustainable dan terdistribusi merata. Audit teknologi yang tepat metode dan target terkait pelaksanaan PJJ saat ini akan berdampak sangat luar biasa bagi optimalisasi dan efisiensi budgeting di level nasional dan daerah, meningkatkan kuantitas dan kualitas sektor pendidikan, ujarnya.

Dengan momentum Covid-19 ini menurut Hammam menjadi salah satu gerbang masuk bagi para auditor teknologi untuk berperan aktif dalam melakukan evaluasi dan kajian yang komprehensif terkait dampak pandemik Covid-19 pada seluruh level dan jenis pendidikan di Tanah Air Indonesia. Karenanya diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memformulasikan sejumlah rekomendasi cerdas dan strategis bagi solusi permasalahan proses pembelajaran serta teknologi pendukungnya di era Covid-19.


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT