• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT Mengupayakan Work From Home

 

Berdasarkan arahan Presiden RI dan Surat Edaran yang berlaku dari Kementerian PAN&RB, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi juga menerapkan bekerja dari rumah (work from home). Demi menjaga produktivitas kerja, Kepala BPPT menyampaikan bahwa pihaknya menggunakan aplikasi Fabiola. Sebuah aplikasi yang disusun oleh BPPT untuk presensi digital berdasarkan aspek deteksi wajah dan lokasi. Work From Home merupakan bentuk digitalisasi pekerjaan dari rumah, sekaligus membangun manajemen pengetahuan kegiatan pengkajian dan penerapan teknologi. Sistem ini juga menggunakan teknologi face recognition yang selama ini sudah di kembangkan.

Pusat Sistem Audit Teknologi, sebagai unit didalam BPPT juga menerapkan sistem kerja work from home yan gdimulai pada sejak hari Senin, tanggal 16 Maret 2020. Pegawai di lngkungan Pusat Sistem Audit Teknologi memanfaatkan berbagai aplikasi yang sudah dikembangkan unit teknis di lingkungan BPPT untuk menunjang produktifitas kerja. Presensi yang dilakukan menggunakan metode sidik jari, sekarang dilakukan secara online menggunakan apllkasi Fabiola BPPT yang tersedia dalam OS Android dan IOS.

Kemudian untuk memudahkan koordinasi, setelah sebelumnya menerapkan meeting konvensional yang mengharuskan tatap muka, setelah diberlakukan WFH maka meeting dilakukan melalui platform aplikasi zoom. Zoom Cloud Mettings merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Tidak hanya video call, dalam aplikasi Zoom Cloud Meetings ini juga tersedia fitur instant message yang dapat digunakan untuk mengirim foto maupun file.

Pemantauan kinerja metode work from home di saat ini sangat penting, walaupun bekerja dari rumah efisiensi dan efektifitas kerja diharapkan tetap sama seperti bekerja di kantor. Terkait pemantauan kinerja, Pusat Sistem Audit Teknologi memanfaatkan KMS BPPT (Knowledge Management System) yang merupakan aplikasi untuk memudahkan kolaborasi pegawai dalam STKP yang berjenjang. Keunggulan dari KMS ini selain itu yakni dengan adanya fitur pendokumentasian tacit knowledge sebagai salah satu prinsip dari manajemen pengetahuan.


© 2022 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT