Print

Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT Gelar Forum Ilmiah Strategi & Audit Teknologi

Pusat Sistem Audit Teknologi (PSAT) BPPT menggelar Forum Ilmiah bertajuk Strategi & Audit Teknologi, Kamis (03/05/18) di Ruang Komisi Utama Gedung 2 BPPT. Pada forum ilmiah kali ini hadir Deputi Pusat Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT Dr. Ir. Gatot Dwianto, M.Eng untuk menyampaikan sambutan.

 

Gatot mengungkapkan, melalui BNSP, BPPT sudah mendapatkan lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang akan mensertifikasi calon auditor dan mitra BPPT (Kementrian Perindustrian, Litbang TNI, Kementrian PUPR dll.). Sertifikasi profesi dilakukan untuk menjamin kegiatan audit teknologi dilakukan sesuai dengan prosedurnya.

“Sedangkan paparan terkait strategi teknologi membahas tentang tool skenario pertumbuhan untuk memfokuskan pengembangan pada ranah yang prioritas. Dengan tool ini harapannya bisa meningkatkan Global Innovation Index Indonesia secara menyeluruh,” ujarnya.

Acara inti dari forum ilmiah strategi dan audit teknologi dibagi menjadi tiga sesi diantaranya: 1.Skenario Pertumbuhan Industri disampaikan oleh Ir. Sri Handoyo Mukti, M.T. 2. Valuasi Teknologi disampaikan oleh Dr. Ir. Asep Husni YR, M.M. 3. Sertifikasi Kompetensi Auditor Teknologi disampaikan oleh Dr. Yustiar Gunawan, M.Eng.

Materi 1 (Ir. Sri Handoyo Mukti, MT)
Industri Kapal di Indonesia dapat dilakukan trace melalui tabel input & output. Barang elektronika dan komunikasi saat ini cukup banyak didominasi oleh impor. Klien paling besar yakni dari ANTARA dengan pembelian kapal dan jasa perbaikan. Sedangkan perhubungan dan perikanan tidak terlalu besar tetapi cukup signifikan. Pengembangan industri perkapalan sangat penting untuk konektivitas dalam mendukung Tol Laut dan menurunkan dwelling time. Pengembangan skenario pertumbuhan industri ini menggunakan model dinamika sistem. Software yang digunakan yakni menggunakan PowerSIM.

Materi 2 (Dr. Ir. Asep Husni YR, MM)
Lembaga litbang termasuk lembaga ristek di Industri sebagian besar hasilnya masuk kertas dan tidak dimanfaatkan oleh industri. Hasil penelitian/produk teknologi saat ini perlu juga untuk dilakukan pengukuran terkait valuasinya. Apabila dikoordinasikan dengan Kementrian Keuangan, besarnya royalti dapat ditentukan dengan basis valuasi teknologi.

Materi 3 (Dr. Yustiar Gunawan, M.Eng)
BPPT dibentuk agar negara indonesia mandiri secara teknologi. Lisensi LSP BPPT disahkan oleh BNSP pada tanggal 15 Agustus 2017. BPPT telah mengeluarkan Peraturan Kepala tentang (Standardisasi dalam Audit Teknologi). Standar Kompetensi Kerja di BPPT saat ini memilih untuk Standar Kompetensi Kerja Kusus.
Pelaksanaan acara dimoderatori oleh Dipl. Ing. Kartiko Eko Putranto, DEA., Phd. Sedangkan yang berperan sebagai notulis adalah Ardhy Yuliawan. (Editor/Ardhy)