• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Diskusi terkait Program Pengembangan Bahan Baku Obat Paracetamol di PT Kimia Farma Tbk

Pada pertengahan bulan Maret 2021, personil Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT melakukan kunjungan ke Unit R&D Plant Banjaran, PT Kimia Farma Tbk. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah koordinasi dan diskusi terkait program pengembangan Bahan Baku Obat Paracetamol di unit R&D Plant Banjaran-Kabupaten Bandung. Kunjungan tersebut diwakili oleh beberapa personil kegiatan perhitungan TFP BBO yakni Bapak  Ir. Sri Handoyo Mukti, M.T. (Kepala Program TFP Flagship Program Prioritas BPPT, Perekayasa Utama Bidang Kebijakan Teknologi), Bapak Dr. Ir. Asep Husni Yasin Rosadi, M.M. (Chief Engineer TFP Flagship Program Prioritas BPPT, Peneliti Utama Bidang Kebijakan Industri), Ibu Evi Rositawati, S.T., M.T. (Group Leader TFP Flagship Program Prioritas BPPT, Perekayasa Bidang Manajemen Teknologi), Bapak Drs. Chairil Zamzam, M.AppSc. (Leader WP Keekonomian, Perekayasa Bidang Industri Kimia), Adi Akhmadi Pamungkas, S.T., M.TI. (Leader WP TFP dan TKT, Perekayasa Bidang Teknologi Informasi), dan engineering staff.

Selama melakukan kunjungan ke PT Kimia Farma Tbk, tim PSAT BPPT bertemu dengan Ibu Ratna Saptarina - Manajer Unit R&D PT. Kimia Farma Tbk, Bapak Dimas Ranggaditya - Manajer Business and Development PT. Kimia Farma Tbk Sungwun Pharmacopia, dan beberapa personil bagian Humas dan R&D.

Selama kunjungan di PT. Kimia Farma Tbk, personil PSAT disajikan terkait profil bisnis dari perusahaan farmasi tersebut. PT. Kimia Farma Tbk merupakan BUMN farmasi terbesar di Indonesia. Sejak tahun 2014 berkembang menjadi health care company. PT. Kimia Farma Tbk menetapkan statregic objectives untuk mencapai 3 program utamanya yaitu: SDM handal dan kompoten, digitalisasi industry dan aliansi strategis. PT. Kimia Farma Tbk merupakan perusahaan untuk jasa kesehatan, dilengkapi laboratorium modern untuk penelitian dan pengembangan, dengan SDM professional berstandar internasional dan berkerjasama dengan Lembaga Pemerintah serta dengan beberapa perguruan tinggi.

Unit R&D PT. Kimia Farma Tbk memiliki target atau KPI dalam menghasilkan produk yang tepat, berkualitas dan harga kompetitif. Saat ini seluruh aktivitas R&D disiapkan untuk kepentingan komersialisasi khususnya untuk meningkatkan dan mengsupport rantai bisnis perusahaan. Posisi Unit R&D berada di Direktorat Pengembangan Bisnis pada Divisi Riset dan Pengembangan Produk. Unit R&D bertanggung jawab dalam melakukan seluruh pengembangan produk dan bahan baku untuk keperluan komersialisasi. Termasuk untuk pengembangan produk farma dan non farma, yang merupakan menjadi salah satu tantangan bagi unit R&D dalam mengsupport pengembangan pada kedua jenis produk tersebut.

Terdapat hal menarik yang ditemui ketika melakukan kunjungan ke PT. Kimia Farma Tbk. Kajian awal terkait kesiapan penelitian PT. Kimia Farma Tbk dilakukan sebelum teknis penelitian dilaksanakan di R&D. Kajian awal (market research, pangsa pasar, kompetitor) dilakukan oleh Unit Pengembangan Produk. Unit R&D lebih supporting dan berkoordinasi serta konsolidasi dengan plant terkait kesiapan fasilitas produksi dan menentukan plant mana yang akan memproduksinya.

Editor : Evi Rosita

Penanggung-jawab : Ardhy Yuliawan

 


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT