• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungan dan Diskusi Hilirisasi Produk Inovasi Rapid Test Antigen UNPAD

Sumber : Beritasatu

Pada awal bulan Maret 2021, personil Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT melakukan kunjungan ke Pusat Riset Bioteknologi Molekuler dan Bioinformatika, UNPAD. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah melakukan diskusi mengenai proses inovasi yang telah dilakukan hingga tercapainya hilirisasi atas produk inovasi yang dihasilkan yaitu Rapid Test CePAD Antigen.

Kunjungan tersebut diwakili oleh beberapa personil kegiatan Audit Teknologi Kapasitas Industri dan Dukungan Regulasi Pengembangan Perangkat Uji Covid yaitu: Dr. Yustiar Gunawan (Chief Engineer), Unik Setyawati, M.T (Group Leader WBS 1), Asep Rachmat, M.T (Asisten Chief Engineer) dan Evi Widianti, M.T (Leader WP 2.1). Selama melakukan kunjungan di UNPAD, personil PSAT menemui Narasumber yaitu Prof. Dr. Toto Subroto, MS (Kepala Pusat Riset Bioteknologi Molekuler) dan Muhammad Yusuf, PhD (Koordinator Peneliti Rapid Test CePAD Antigen).

  

Menurut informasi Narasumber, ide awal pengembangan rapid test antigen telah dilakukan sejak awal pandemic di bulan Maret tahun 2020. Padahal saat itu, metode rapid test antigen belum terlalu populer di Indonesia. Faktor-faktor pendorong dilakukan penelitian mengenai pengembangan rapid antigen diantaranya adalah pengalaman riset terdahulu terkait virus, serta adanya dukungan dari mitra industri yang memiliki visi yang sama.
Pengembangan rapid test CePAD Antigen merupakan hasil kolaborasi Tim Peneliti Pusat Riset Bioteknologi Molekuler (UNPAD) dengan berbagai pihak diantaranya yaitu PT. TMC (Tekad Mandiri Citra) dan PT. PBI (Pakar Biomedika Indonesia). Selain itu, juga adanya dukungan dari segenap jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.
Produk rapid test CePAD tergolong dapat diserap pasar dengan baik. Pada tahun 2020, Produk tersebut telah dipesan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, BRIN melalui program Bakti Inovasi dan beberapa fasilitas kesehatan seperti klinik.

Editor : Evi Widi

Penanggung-jawab : Ardhy Yuliawan


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT