• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungan dan Diskusi Hilirisasi Produk Inovasi Mobile Lab UNPAD

Pada pertengahan bulan Maret 2021, personil Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT melakukan kunjungan ke Institut Pembangunan Jawa Barat , UNPAD. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah melakukan diskusi mengenai proses inovasi yang telah dilakukan hingga tercapainya hilirisasi atas produk inovasi yang dihasilkan yaitu Mobile Lab UNPAD. Kunjungan tersebut diwakili oleh beberapa personil kegiatan Audit Teknologi Kapasitas Industri dan Dukungan Regulasi Pengembangan Perangkat Uji Covid yaitu: Dr. Yustiar Gunawan (Chief Engineer), Unik Setyawati, M.T (Group Leader WBS 1), Asep Rachmat, M.T (Asisten Chief Engineer) dan Sri Wijayanti, S.Stat (ES WBS 1). Selama melakukan kunjungan di UNPAD, personil PSAT menemui Narasumber yaitu Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si.,Apt.

Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) merupakan hasil kolaborasi antara gubernur Jawa Barat dengan rektor Unpad yang menjadi salah satu satuan unit usaha di Unpad yang berdiri satu tahun 2020. Injabar menjadi think tank penyusun dan pengambil kebijakan untuk pembangunan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Dalam hal ini Injabar mempertemukan antara hasil riset dengan riil bisnis.

Sumber Nasional Tempo

Ide awal pembuatan mobile lab ini adalah aplikasi Ina-TTI (Indonesia Test, Trace and Isolation) yang dibuat oleh Unpad yang merupakan aplikasi untuk tracing Covid-19. Namun, butuh sesuatu untuk menggerakkan dan menjalankan aplikasi tersebut, sehingga tercetuslah ide untuk membuat mobile lab dan Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si.,Apt dari Injabar menggaet beberapa pihak. Terdapat 2 jenis mobile lab yang dibuat, yaitu :
a. Fight-19 (roda 4)
b. Predator-19 (roda 6)
Masing-masing memiliki tipe BLS-2 dan BSL-2 Enhance untuk Predator-19, dimana tipe enhance itu memiliki double BSC. Untuk pengerjaan 11 unit mobile lab diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan, awal pengerjaan dibulan Juli/ Agustus 2021 dan sudah di release pada bulan Desember 2021.

Kapasitas pengujian untuk tipe Predator-19 adalah sekitar 500 sampel/ hari terbagi menjadi 2 batch, masing-masing batch menguji sekitar 250 sampel. Mobile Lab Unpad ini sudah tersertifikasi oleh World Bio HazTec Singapura. Dan yang menjadi pembeda antara mobile lab Unpad dengan yang lainnya adalah mobile lab ini dilengkapi dengan aplikasi Ina-TTI untuk mempermudah proses tracing, dan pasien akan didampingi secara daring oleh tenaga kesehatan. Upaya pemasaran mobile lab yang dilakukan sekarang adalah dengan mencetak brosur dan mengerahkan tim untuk bergerilya melakukan penawaran ke kementerian-kementerian, diantaranya kemenkes, kemenhan, dll

Editor : Evi Widi

Penanggung-jawab : Ardhy Yuliawan


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT