• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Penjaminan Mutu Asesmen Jarak Jauh (AJJ)

 

Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT melalui LSP Auditor Teknologi BPPT pada hari kamis, 18 Juni 2020 mengikuti bimtek penjaminan mutu asesmen jarak jauh (AJJ) yang diselenggarakan oleh BNSP secara daring. Bimtek AJJ disampaikan secara langsung oleh Tetty DS Ariyanto, M.Par selaku Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Kegiatan ini dilakukan karena COVID-19 dan PSBB memberikan dampak kepada pelaksanaan sertiifkasi.  Berdasarkan pada surat edaran BNSP nomor SE.011/BNSP/IV/2020 tentang upaya memutus rantai penyebaran COVID 19 dalam pelaksanaan pelayanan pada BNSP pada poin 2 tertulis bahwa pelaksanaan asesmen / uji kompetensi jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dibolehkan dengan ketentuan:

A.LSP menjamin teknologi / sistem yang digunakan dapat telusur terhadap bukti kompetensi yang dimiliki oleh asesi, terjamin kerahasiaan, keamanan dan prinsip asesmen serta aturan bukti yang telah ditetapkan sesuai dengan pedoman asesmen sebagai penjaminan mutu sertifikasi kompetensi.

B.LSP menetapkan persyaratan teknis TUK asesmen/uji kompetensi jarak jauh dan menjamin persyaratan teknis skema sertifikasi tersebut tersedia dan dapat digunakan.

C.LSP mengajukan permohonan asesmen/uji kompetensi jarak jauh ke bnsp dengan melampirkan SOP asesmen / uji kompetensi jarak jauh dan penjelasan teknologi informasi atau sistem/aplikasi yang digunakan.

D.LSP menjamin pelaksanaan asesmen / uji kompetensi jarak jauh dengan tetap menjalankan prinsip pembatasan sosial dan sesuai kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan covid 19

Nantinya, untuk menilai kesiapan LSP dalam menyelenggarakan sertifikasi jarak jauh telah dibentuk tim verifikator dari BNSPyang terdiri dari 3 tim dengan masing-masing tim diketuai oleh : Miftakul Azis, Mulyanto dan Tetty DS.

Verifikator mempersilahkan LSP presentasi dokumen yang sudah dikirimkan ke BNSP maksimal 20 menit, fokus pada penjelasan asesmen / uji kompetensi pada skema sertifikasi yang dimohonkan bisa dilaksanakan dengan jarak jauh dengan metode uji tertentu dan SOP asesmen / uji kompetensi jarak jauh (apabila LSP mempresentasikan SOP / dokumen diluar yang sudah dikirim ke BNSP dimasukkan dalam catatan laporan verifikasi). LSP harus dihadiri oleh Ketua LSP, Asesor Kompetensi dan Manager Sertifikasi / Personil Staf LSP. Tim Verifikasi melanjutkan dengan menggali lebih dalam (interaktif) dokumen dan penjelasan LSP menggunakan form verifikasi asesmen / uji kompetensi jarak jauh dan memperhatikan gap antara dokumen dan yang dipresentasikan.

Penanggung Jawab : Ardhy Yuliawan 


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT