• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pelatihan Tingkat Kesiapan Teknologi Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis UI

Pada  hari Kamis dan Jumat tanggal 19 -20 September 2019 diselenggarakan pelatihan pengukuran tingkat kesiap(terap)an teknologi (TKT) oleh Tim TKT Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT. Kegiatan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan para peserta pengetahuan dan kemampuan atau kompetensi untuk melakukan penilaian terhadap tingkat kesiap(terap)an teknologi dari suatu hasil atau produk penelitian dan pengembangan. Peserta pelatihan ini adalah pegawai dibawah Direktorat Inkubator dan Inovasi Bisnis Universitas Indonesia dan beberapa perwakilan dari fakultas FIB, FPSi, FEB, FISIP, FIA, FMIPA, FT dan FH. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi penyampaian materi pengantar, konsep dan tools pengukuran serta penyampaian studi kasus penilaian TKT.

Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari dengan pemadatan materi pada hari pertama dan pemaksimalan studi kasus pengukuran pada hari kedua. Pada hari pertama disampaikan materi konsep dan metoda penilaian oleh Bapak Drs. Dedi Suhendri, M.Si. Selanjutnya disampaikan Penilaian TKT bidang umum/hard engineering oleh Bapak Dr. Asep Husni, M.M. Pada sesi kedua, disampaikan papara nterkait studi kasus pilihan penilaian TKT yang terdiri dari TKT bidang teknik, kesehatan dan teknologi pangan. 

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini, peserta mampu memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan metoda penilaian atau pengukuran, regulasi terkait. Peserta juga diharapkan memiliki bekal dan kemampuan dasar untuk melakukan penilaian/pengukuran tingkat kesiapan teknologi hasil litbang dan termasuk juga pemanfaatan hasil pengukuran TKT untuk pendukung keputusan berkaitan pengembangan litbang, peningkatan kualitas output dan pemanfaatan hasil litbang. Tindak lanjut dari pelatihan ini, peserta yang dinyatakan memenuhi kriteria dan kemampuan dasar atau kompetensi untuk melakukan penilaian tingkat kesiapan teknologi diberikan sertifikat sebagai penilai TKT.

 Tim Instruktur:

1. Dedi Suhendri

2. Asep Husni Yasin

3. Noor Asfa Fuad

4. Edy Rahardjo

5. Kuncoro Budy Prayitno

6. Rizky Arizal

7. Evi Rositawati

 


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT