• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pelatihan Asesor Kompetensi LSP Auditor Teknologi BPPT

Pada tanggal 8 hingga 12 juli 2019, telah diadakan pelatihan asesor kompetensi LSP Auditor Teknologi BPPT di Ruang NSTP, Gedung Manajemen 720, Klaster Inovasi dan Bisnis Teknologi, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan. Pada konteks pelaksanaan uji kompetensi atau Penilaian Berbasis Kompetensi, mensyaratkan tersedianya Asesor Kompetensi (Workplace Assessors) sebagai salah satu komponen utama dalam proses penilaian. Penilai memiliki posisi dan peran yang strategis karena akan sangat menentukan kualitas uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP Auditor Teknologi BPPT. 

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan asesor kompetensi yakni:

1.Memahami kebijakan sistem sertiifkasi kompetensi

2.Merencanakan aktifitas dan proses asesmen (PAAP)

3.Melaksanakan Asesmen (MAS)

4.Memberikan kontribusi dalam validasi asesmen

Jumlah asesor kompetensi masih dirasakan kurang ketika permintaan project audit teknologi semakin banyak. Maka untuk mempermudah pencapaian target auditor teknologi di BPPT, dibutuhkan jumlah asesor yang memadai. Sebagai informasi, jumlah asesor kompetensi di LSP Auditor Teknologi berjumlah 7 orang. Setelah dilakukan pelatihan asesor kompetensi, jumlah asesor kompetensi yang dimiliki LSP Auditor Teknologi saat ini berjumlah 17 asesor.

 Simulasi dilakukan melalui dua tahap, pada tahap pertama simulasi pelaksanaan asesmen yang dilakukan pada tanggal 11 juli meliputi kegiatan simulasi asesmen mandiri. Sedangkan pada tahap kedua, simulasi dilaksanakan melalui ujian yang diawasi secara langsung oleh master asesor.

Notulis : Dr. Ir. Arief Surachman

Penanggung-jawab : Ardhy Yuliawan, S.T.


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT