• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Knowledge Sharing Change Management & Risk Management

Pada hari kamis tanggal 19 September 2019, segenap tim Work Breakdown Structure Sistem Audit Teknologi PSAT BPPT menyelenggarakan agenda konsinyering di Kota Bogor. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Auditorium Hotel Sahira Butik Pakuan, Baranangsiang Bogor. Tujuan dari kegiatan konsinyering ini adalah untuk review capaian setiap WP Sistem Audit Teknologi serta penyegaran tim melalui penyampaian materi pelatihan dengan topik change management dan risk management. Sehingga dengan dilakukan penyegaran materi ini, dapat memberikan cara pandang baru terhadap pegawai di lingkungan PSAT BPPT khususnya pada lingkup risk management dan change management.

Menurut sumber literatur, Risk management merupakan suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya. Tujuan dari risk management ini adalah identifikasi resiko untuk memunculkan mitigasi resiko (rencana aksi serta output yang dilakukan dalam suatu organisasi). Risk management penting diterapkan oleh manajemen di PSAT BPPT sebagai langkah awal untuk memanage resiko ketika suatu program yang berdampak  belum berhasil diterapkan.

Sedangkan Change Management merupakan suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan. Perubahan yang diinginkan tentunya perubahan dengan tujuan positif. Pada penyampaian materi tersebut, dijelaskan bahwa terdapat beberapa klausul (langkah) yang diperlukan untuk menerapkan change management secara menyeluruh dalam suatu organisasi.

Notulis : Ardhy Yuliawan


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT