• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Diskusi Kebutuhan Data TFP Puna Male di PT Dirgantara Indonesia

 

Pada hari kamis, 17 Juni 2021 tim dari Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT melakukan kunjungan ke PT Dirgantara Indonesia. Selama kunjungan di PT Dirgantara Indonesia, tim disambut oleh Bapak Bona Putravia selaku project manager dari Puna Male.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk berdiskusi perihal kebutuhan data perhitungan TFP pengembangan Puna Male. TFP adalah produktivitas total yang dapat dilihat dari tenaga kerja (tergantung knowledge yang dimiliki) dan alat (hasil dari inovasi alat tersebut. Program pesawat Puna Male ini pendekatannya berbeda, karena sasarannya bukan untuk pasar komersial. Rencana awalnya memang ditujukan untuk militer sehingga tidak dapat dilihat dari sisi ekonomi, yang dapat dilihat adalah sisi nilai strategis yang sulit untuk dikonversi ke dalam nilai ekonomi.

Selama kunjungan, Tim Pusat Sistem Audit Teknologi diwakili oleh Drs. Dedi Suhendri, M.Si., Sudarmin, ST, M.Eng, Sri Handoyo, M.T., Dr. Asep Husni, M.M dan Anisa Hermawati, S.Kom. Setelah dilakukan diskusi dan pencatatan feedback, Tim dari Pusat Sistem Audit Teknologi (PSAT) BPPT membawa hasil tersebut untuk dibahas lebih lanjut dalam internal tim. Sebagai tindak lanjut, PSAT akan mengirimkan dokumen ke PT. DI berupa file excel yang berisi template form hitung terkait variable yang akan dihitung untuk perbaikan nilai TFP Puna Male tahun lalu dan CBA (Cost Benefit Analysis) serta daftar pertanyaan untuk analisis biaya manfaat program Puna Male.

Notulis : Anisa Hermawati, S.Kom

Penanggung jawab tulisan : Ardhy Yuliawan, S.T.


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT