• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Melakukan Rancang Bangun Alternatif Rute Transportasi Umum KBLBB di Kota Depok

 

Pada hari Rabu 18 Agustus 2021, Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT menyelenggarakan Webinar dengan tema "Kesiapan Implementasi KBLBB dan SPKLU di Kota Depok". Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok dan PT MAB. Pelaksanaan webinar tersebut didasarkan atas kebutuhan koordinasi dalam rangka integrasi perencanaan, penelitian dan pengembangan, kebijakan, serta industri.

Pada webinar tersebut ada hal yang menarik disampaikan oleh Bapak Dr. Dipl.Ing. Mulyadi Sinung, M.T. (Selaku Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT). Bapak Dr. Dipl.Ing. Mulyadi Sinung, M.T.  menyampaikan bahwa , "BPPT Melakukan Rancang Bangun Alternatif Rute Transportasi Angkutan Umum Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Kota Depok." disampaikan pada Webinar Kesiapan Implementasi KBLBB dan SPKLU di Kota Depok.

Latar belakang peran BPPT tersebut yakni akibat rencana Kota Depok yang mencanangkan Smart City sebagai roadmap pembangunan. 

Sebelum melakukan rancang bangun, Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT telah mendiagnosis beberapa masalah sistem transportasi di Kota Depok menggunakan diagram ishikawa. Hasil telaah permasalahan tersebut mengerucut pada satu permasalahan "Rasio Volume / Kapasitas Jalan di Kota Depok TINGGI". Kemudian beberapa tujuan yang dicapai sebagai penyelesaian permasalahan dalam Urban Smart Transportation di Kota Depok yakni Efisiensi lalu lintas, Perkaya informasi bagi pengguna tentang kondisi lalu lintas, Kurangi waktu tempuh dan serta Tingkatkan keselamatan dan kenyamanan.

Selain itu beberapa pilihan alternatif rute yang digunakan oleh  Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT mempertimbangkan Perlu menentukan Rute Lintas Utama
Sistem Angkutan Umum Perkotaan, Pilihan melalui wilayah belum terlayani angkutan umum yang ada, Pilihan Rute menghubungkan area Bisnis atau Perkantoran dengan Perumahan serta Pilihan Rute Awal sebagai Rute Lintas Pengumpan/ Last Mile/ First Mile dengan kapasitas lebih kecil.


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT