• (021) 75791390
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Benchmark Audit Teknologi Proses Pengolahan CPO di PT Kertajaya

Pada tanggal 2 hingga 4 Juli tahun 2019, segenap tim WBS Strategi Teknologi melaksanakan kunjungan industri di Pabrik Kelapa Sawit PT Kertajaya. PT Kertajaya merupakan anak perusahaan BUMN PTPN memiliki dua pabrik, yakni di Bogor dan Pandeglang. Sedangkan pabrik yang dikunjungi oleh Tim Strategi Teknologi adalah pabrik yang berlokasi di Pandeglang, Banten. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan audit teknologi proses sekaligus melaksanakan kegiatan benchmark terhadap proses keseluruhan di industri tersebut. Setelah dilakukan benchmark, akan dilakukan pemetaan terhadap teknologi proses yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membangun fasilitas produksi di Palalawan. Sebagai informasi, pabrik kelapa sawit yang memiliki peran dalam mengubah kelapa sawit menjadi CPO belum tersedia di Palalawan. Sehingga, hasil kegaitan audit ini dapat dijadikan gambaran Tim Strategi Teknologi PSAT BPPT untuk membangun pabrik pengolahan sejenis.

Selama melakukan kunjungan di lapangan, Tim Strategi Teknologi PSAT BPPT dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok pertama melakukan kunjungan di kebun, sedangkan kelompok kedua melakukan pemetaan teknologi industri proses di dalam pabrik. Narasumber yang mendampingi di lapangan menyatakan bahwa pabrik Kertajaya PT Perkebunan Nusantara VIII menampung tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dari perkebunan rakyat dan sendiri. Perusahaan itu memproduksi minyak mentah kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). Menurut dia, pihaknya ke depan akan menjadikan budi daya tanaman kelapa sawit sebagai andalan ekonomi masyarakat. Sebab pengembangan tanaman tersebut tentu sangat memungkinkan dengan lahan begitu luas. Saat ini, areal perkebunan kelapa sawit yang luas di Kabupaten Lebak adalah milik PT Perkebunan Nusantara VIII dan pengelola besar swasta (PBS). Total lahan perkebunan sawit yang dikelola oleh PT Kertajaya adalah 1000 Hektar.

Sedangkan Tim pemetaan industri proses didampingi oleh Bapak H.Asep (Assisten Sub Pengolahan). Beliau mengatakan bahwapabrik PT Kertajaya memiliki luas total 2 hektar. Teknologi proses pengolahan yang digunakan adalah Teknologi CONFIDENTAL INFORMATION. Menurut beliau, pengembangan kelapa sawit cukup menjanjikan untuk bahan baku kebutuhan bahan pokok minyak goreng, dan selama ini permintaannya terus meningkat.

Notulis : Mahi Ghiyast, S.E.

Penanggung Jawab : Ardhy Yuliawan, S.T.


© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Sistem Audit Teknologi - BPPT